Post Ad Area

Post Home Style

Monday, November 25, 2013

Kepingan Kenangan, Komik Dari Masa Lalu.


Dulu, komik adalah hal menarik. Bukan komik jepang, manga. Tapi komik barat, banyak yg menyimpan kenangan tersendiri. Grafisnya pun unik. Berbeda dengan tampilan manga, komik barat cenderung mengusung konsep gambar 'realistis'.

Yang paling mengesankan ada dua ..

TRIGAN



Trigan adalah serial yang sangat menarik dan berkesan futuristik dengan menggambarkan aneka kecanggihan teknologi masa depan.

Lucunya pakaian yang dikenakan kaisar Trigo mengadopsi seragam tentara Romawi kuno lengkap dengan sayap jubah merah berhiaskan coin coin besar dan topi kipasnya. Don Lawrence sang ilustrator komik sangat pandai menggambarkan setiap ekspresi tokoh cerita dan situasinya serta kecanggihan teknologi dalam cerita dengan gaya naturalis surealis dan futuristik. Banyak orang senang dengan jalan cerita dan gaya ilustrasinya. Namun sayangnya komik yang bagus ini belum ada cetak ulangnya.

lalu .. STROM



Storm menceritakan perjalanan Astronot Storm yang pesawat antariksanya tersedot sebuah pusaran badai merah ruang angkasa. Ketika mendarat di bumi, kenyataan yang dihadapinya benar-benar mencekam. Lautan yang begitu luas telah mengering. Samudera telah lenyap. Peradaban diganti dengan peradaban baru semi primitif. Peradaban berbeda, musuh yang berbeda dan masalah-masalah rumit yang harus dipecahkan merupakan tantangan tersendiri bagi Storm, yang dalam petualangannya ditemani oleh seorang gadis cantik, Si Rambut merah .

terus, ada juga komik yg membuat saya dulu selalu menanti-nati terbitnya majalah Bobo, yaitu

Kisah Pak Janggut :)



Pak Janggut merupakan salah satu tokoh favorit anak-anak. Sama dengan tokoh Doraemon yang memiliki kantong ajaib, Pak Janggut juga memiliki kantong ajaib yang dipikulnya dan lebih dikenal dengan nama buntelan ajaib. Buntelan tersebut mempunyai kekuatan yang hampir sama dengan kantong ajaib Doraemon, Buntelan Ajaib mampu mengeluarkan apapun yang diperlukan oleh Pak Janggut pada saat yang tepat. Buntelan ini memang terkadang tidak mengeluarkan apapun, dengan ini Pak Janggut hanya bisa mengandalkan kebijaksanaannya untuk mengatasi masalah yang terjadi. Bila Buntelan tersebut jatuh ke tangan orang yang jahat, biasanya akan mengeluarkan benda yang menyakiti orang tersebut (seperti kepiting, jebakan tikus dll).

mendahului pak Janggut ..adalah komik Deni si Manusia Ikan.

Deni Manusia Ikan (judul asli: "Fishboy: Denizen of the Deep") adalah komik hitam putih yang diterbitkan pertama kali di buku Buster antara 1968 dan 1975, ditulis oleh Scott Goodall dan digambar oleh John Stokes dan lain-lain. Tokoh utamanya adalah seorang anak laki-laki yang, sejak bayi terdampar di sebuah pulau terpencil, dan bermutasi sehingga memiliki insang dan bisa bernapas di bawah air (bahkan kalau di darat terlalu lama bisa mati) dan bisa berbicara dengan makhluk-makhluk air. Ia juga memiliki tangan kaki berselaput, sehingga dapat berenang dengan cepat.



Tujuan hidupnya adalah mencari orangtuanya, seorang profesor Geologi, dan karena orang tuanya keliling dunia maka Deni pun mencarinya keliling dunia dengan BERENANG. Cerita dimulai dari Afrika, Timur-tengah, Ingris, Kanada, Mexico, Australia, Indonesia (Karimun Jawa), Kepulauan Pasific, India. dan sampai ke Ingris lagi. Yang keren adalah penggambaran karakter dari masing-masing negara bisa mewakili wajah mereka, orang India yang berwajah India, orang Mexiko ya berwajah meksiko.

Album Deni Manusia Ikan ini termasuk komik langka karena sudah dicetak ulang oleh penerbitnya.



dan akhirnya komik favorit sepanjang masa (bagi saya)..

SMURF



Smurf merupakan tokoh kartun ciptaan kartunis Pierre Culliford yang lebih dikenal dengan nama Peyo. Pertama kali muncul pada 1958 di majalah komik terbitan Belgia, Le Journal de Spirou. Sejak awal kemunculannya, Smurf memang sudah bermacam-macam. Sebanyak 101 karakter muncul, kendati hanya ada satu yang berjenis kelamin wanita.

Keunikan inilah yang membuat mereka langsung mendunia. Smurf berkisah mengenai petualangan Papa Smurf dan teman-teman Smurf yang lebih muda. Mereka berusaha menyelamatkan diri dari penyihir manusia bernama Gargamel dan kucingnya, Azrael. Makhluk yang doyan makan daun sarsaparila ini tinggal di rumah jamur, berbentuk dan seukuran jamur bagi manusia. Terkadang, beberapa kata dalam pembicaraan mereka sulit dimengerti, sebab digantikan dengan kata 'smurf'.

selain komik2 di atas ada juga komik lainnya seperti
YALEK



Johan dan Pirlouit



Arad dan Maya



dan masih banyak lagi..

Asterix & Obelix, Agen Polisi 212, Steven Sterk (anak kecil super kuat yg jadi lemah kalau pilek), Rantanplan, Spirou, Tintin. Dan banyaaaaaaaaaak lagi.
Fuiiiiih, komik2 keren dengan pesan moral yg bagus. Pada kemana ya? ah jadi kangen :)

2 comments:

  1. kalau lisa dulu paling suka baca kisah pertualangan lima sekawan yang temanya mencari harta yang tersembunyi atau memecahkan misteri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga. Trus ada Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, Trio Detektif dll hehehehe ... eh tapi itu bukan komik, wah bisa ditulis lagi nih :)

      Delete

Start typing and press Enter to search