Post Ad Area

Post Home Style

Thursday, March 20, 2014

Membuat Watermark dengan Corel Draw

Fa Design.
Dipostingan sebelumnya, Cara Mudah Membuat Watermark, yang juga merupakan tutorial pertama di blog saya. Saya mencoba berbagi cara mebuat watermark pada foto, dengan menggunakan Adobe Photoshop. Tidak terlalu sulit sebenarnya, tapi karena saya bukan pakar, jadi kemungkinan malah terkesan lebih susah daripada sebenarnya.

Tapi kadang dalam menjalani hidup, kita perlu menjadi berani untuk melakukan satu hal, meninggalkan zona nyaman kita, dan melangkah ke tahapan yang baru. (Haalaaaaah, bikin tutorial aja pake teori motivasi.)

Karenanya, maka saya sekarang mencoba membuat tutorial membuat Watermark dengan menggunakan Corel Draw. Saya asumsikan anda sudah bisa menggunakan Corel Draw. Kalau belum, maaf ini bukan tutorial 'Dasar-dasar penggunaan Corel Draw', mohon pengertian anda.


1. Sebelum memulai pastikan software Corel Draw sudah terinstal di Laptop/PC anda.

2. Buka Corel Draw, lalu masukkan gambar yang ingin diberi tanda. Kalau bingung, buka aja Corel, kemudian dari explorer buka gambar yang anda inginkan, klik tahan digambar, lalu seret gambar itu ke icon Corel di taskbar, jangan langsung dilepas, sampai lembar kerja corel muncul, baru lepaskan.


Atau, yang lebih gampang. Dilembaran kerja Corel, klik 'File' di kiri atas, klik pilihan 'import' lalu pilih gambar yang mau dibuka, kemudian klik tombol dengan tulisan import. Jangan bingung kalau gambarnya tidak muncul.
Perhatikan kursor mouse ada jadi ada keterangan nama file yang tadi anda import. Nah klik saja, dilembaran kerja Corel anda, pasti gambarnya langsung muncul ditempat yang anda klik.

3. Setelah gambar muncul. Klik tanda 'A' di toolbar sebelah kiri. Akan muncul garis berkedip, ketik tulisan yang ingin anda tampilkan. Saya menuliskan nama blog ini.


Tulisan yang muncul biasanya otomatis akan rata kiri, kalau ingin merubahnya, misalnya agar tulisanya menjadi rata tengah, klik tombol 'alignment' lalu klik tanda center. Seperti yang biasa kita temukan di lembar kerja office word. Lalu klik tanda panah di kiri atas toolbar.



4. Font bawaan yang tampil biasanya adalah Arial, kalau ingin merubahnya klik tombol font, lalu pilih font yang anda inginkan, saya menggunakan font Pea Beeferelli. Klik saja otomatis tulisan anda akan berubah.


5. Klik tulisan anda, lalu bawa/geser ketempat yang diinginkan.



Anda bisa merubah warnanya dengan mengklik palet warna disebelah kanan.


Bisa jadi tulisan anda kekecilan, atau kebesaran. untuk merubahnya, klik tahan disudut 'kotak' yang ada disekeliling tulisan anda, lalu sesuaikan ukurannya. Ingat disudut.


6. Untuk membuat tulisan anda menjadi semi transparan, klik 'effect' lalu klik lagi dipilihan 'lens'.


klik tanda segitiga kecil disamping tulisan 'No Effect' dan pilihlah 'transparency', kemudian set angkanya. Lalu klik 'apply'



Kadang, warna tulisan anda perlu dirubah agar sesuai dengan kebutuhan, klik tanda segitiga kecil dibawah kolom angka tadi, lalu pilih warna yang anda inginkan. Apply.


7. Sekarang saatnya menyimpan hasil kerja anda, CTRL+S, beri nama, Save. Nah pekerjaan tadi sudah tersimpan dalam bentuk ektensi CDR.

8. Gambar anda sudah bisa di upload? Belum. Sekarang kita ubah gambar anda menjadi file JPG atau PNG. Klik sedikit di atas gambar anda, tahan, lalu geser, akan muncul kotak mengikuti kursor anda, arahkan sampai menutupi seluruh gambar.


Setelah itu tekan CTRL+E atau pilih 'export', ingatkan tulisan export ada diatas tulisan import ditombol 'file' yang anda buka saat memasukkan gambar pertama kali tadi.


  • Tulis nama baru untuk nama file (panah merah)
  • Pastikan kolom ini tercentang (panah biru)
  • Ubah ektensi/type file yang hendak disimpan (panah hijau), pilih JPG.
  • Lalu klik 'Export'
Pada jendela yang muncul, yang anda lakukan sekarang adalah: Set angka resolusi, lalu klik OK.
(Semakin besar 'dpi' gambar akan semakin detail, tapi juga menjadi semakin besar, dan berat. Untuk upload di blog biasanya pada kisaran 700-900'an KB, sudah cukup besar.) 


Lalu akan muncul satu jendela lagi, klik OK sajalah. Selesai.


Semoga tutorial ini bermanfaat. Dan tidak menjadi bagian tutorial, yang membuat hal yang mudah menjadi susah dan layak diperbincangkan.



1 comment:

Start typing and press Enter to search