Thursday, January 28, 2016

Doraemon The Movie #36 - Nobita Dan Lahirnya Jepang


Nobita Dan Lahirnya Jepang adalah film ke-36 dari seri Doraemon The Movie. Film yang juga merupakan remake dari versi sebelumnya ini, akan dirilis 5 Maret 2016.
Aslinya berjudul Shin Nobita no Nihon Tanjō, yang bila diterjemahkan kurang lebih artinya Nobita Dan Lahirnya Jepang. Versi 2016 ini merupakan remake dari versi 1998, yang secra resmi merupakan film Doraemon ke-10, dan film Doraemon pertama dalam era Heissei.

Rilis yang beredar menyebutkan ceritanya tidak terlalu berbeda dengan versi komik.

Cerita dimulai dengan seorang anak yang sedang menangkap ikan di masa prasejarah, tersedot ke dalam pusaran waktu dan terlempar ke masa sekarang. Sedangkan di masa sekarang, Nobita terlihat sedang bersiap untuk melarikan diri dari rumah (hal yang sering dilakukan Nobita, kan?).

Bedanya, kali ini Giant, Shizuka, Suneo, bahkan Doraemon juga melakukan hal yang sama. Tapi kabur dari rumah dan membangun rumah sendiri yang ideal, ternyata tidak gampang, bahkan dengan bantuan alat-alat Doraemon. Masalahnya sederhana, tidak ada tempat disekitar mereka yang tidak ada pemiliknya.

Mereka sepakat kembali ke masa lalu, tepatnya Jepang 70.000 tahun lalu. Di sana mereka membangun kediaman, dan membagi tugas. Giant bertanggung jawab soal pembangunan, Suneo pada tata ruang, Shizuka, pertanian. Dan Nobita mengurus hewan peternakan. Doraemon sudah pasti jadi pengawas semuanya.

Khas Nobita, idenya seperti biasa diluar kebiasaan. Menggabungkan bberapa bintang Nobita menciptakan Pegasus, Griffin, dan Naga.

Setelah semuanya tertata, mereka memutuskan pulang ke masa kini . Dan ketika keesokannya mereka hendak kembali lagi ke masa lalu. Bocah yang muncul di awal cerita ternyata bersembunyi di kamar Nobita. Kelelahan tapi nekat menyerang Giant, bocah itu malah pingsan. Panik, Nobita dkk membawa bocah itu ke kediaman mereka di masa lalu.

Mereka kemudian mengetahui bocah itu berasal dari klan Cahaya, tapi seluruh anggota klannya diculik oleh klan Kegelapan. Nobita dkk memutuskan menolong bocah itu. Dan mereka harus berhadapan dengan shaman dari suku Kegelapan. Gigazombie, yang dipercaya adalah penguasa roh.

---

Seperti biasa, kisah Doraemon, Nobita dan kawan-kawannya penuh dengan berbagai nasihat. Walaupun beberapa diantaranya sebenarnya tidak sesuai dengan keyakinan kita. Tapi sebagai film hiburan, kish Doraemon selama bertahun-tahun telah menjadi cerita yang menyenangkan.

Orang tua tentu butuh meluangkan waktu untuk mendampingi anak-anak menonton. Menjelaskan hal-hal yang butuh mereka pahami bila itu bertentangan dengan budaya dan terutama agama kita.

Doraemon Stand By Me

Tapi selain hal itu, ini film yang menyenangkan. Sedikit berharap film ini ditampilkan dalam bentuk animasi 3D CGI seperti film Doraemon Stand By Me yang rilis tahun 2014. Tapi kabarnya film ini akan mengusung gaya animasi manga 2D classic.

Film ini disutradarai Shinnosuke Yakuwa, dan aransemen musiknya oleh Kan Sawada. Sedangkan para bintang yang terlibat sebagai pengisi suara adalah Wasabi Mizuta (Doraemon), Megumi Ohara (Nobita Nobi), Yumi Kakazu (Shizuka Minamoto), Subaru Kimura (Takeshi "Giant" Goda), Tomokazu Seki (Suneo Honekawa), Kotono Mitsuishi (Tamako Nobi/Ibu Nobita), Yasunori Matsumoto (Nobisuke Nobi/Ayah Nobita), Chiaki (Dorami), Wataru Takagi (Pak Guru), Ryōko Shiraishi (Kukuru), Hōchū Ōtsuka (Gigazombie).

Post a Comment

Start typing and press Enter to search