Wednesday, December 30, 2015

My 1st WPAP



Pernah lihat gambar profil atau potret diri yang warnanya tabrakan, dan kesannya kotak-kotak? Sering ya. Aliran seni grafis yang sekarang semakin poluler ini, namanya WPAP.

Dan akhirnya setelah sekian lama, saya membuat WPAP pertama saya. Ini juga karena termotivasi melihat gambar profil dari traveler blogger, pecinta budaya, sekaligus owner  http://www.hikayatbanda.com/ yang juga teman bermimpi soal wisata alam Aceh yang profesional, Om Yudi Randa. Juga gambar profil Al-Misky Qanita, penulis muda dari Aceh.
Dan memang, rumit betul. Tidak seperti yang dibayangkan oleh banyak orang. Dan jelas bukan hanya soal tabrak warna.

Membuat WPAP adalah proses mengenal struktur wajah, warna dan pencahayaan. Ada sih beberapa aktifis aliran grafis ini yang berbaik hati membuat semacam tabel warna. Tapi banyak juga yang memilih berkreasi bebas, menjelajahi palet warna dan menciptakan kombinasi sendiri.

Membangun struktur wajah juga menjadi satu pengalaman luar biasa. Mengenali bentuk, mencari ciri khas yang tidak boleh dihilangkan, sampai mengenali pola jatuh cahaya yang menyusun tingkat pencahayaan dan gradasi warna, dan tentu saja, bayangan.

Tapi WPAP itu sendiri apa ya?

WPAP merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid yang sekaligus pembuat aliran ini. WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar. Dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab itulah WPAP mempunyai ciri khas tertentu yang membuat WPAP mempunyai keunikan tersendiri dalam segi teknik pembuatan. Sumber Apa Itu WPAP dan Sejarah Singkat | Fredtezar

Menarik untuk dijelajahi lagi. Tapi mungkin bukan prioritas utama bagi saya. Saat ini ada beberapa impian yang menuntut fokus lebih dalam. Dan seperti biasa, tahun akan berganti tapi masih ada target yg belum tercapai. Sepertinya ini waktu yang tepat untuk mengevaluasi impian.

Start typing and press Enter to search